Beranda | Forum | MSSR | Member | Galeri | Brotherhood | Kegiatan | ApelGada | Tentang Kami

NAVIGASI : FORUM > Sepeda Motor > Mesin

asharvegazr
Wed, 05 December 2012 jam 21:40:24

Bore up mesin vega zr


Gini bang ane pengen konsultasi......
rencana pengen bore up mesin vega zr,biar tenaga tambah guede....
medan di tempat ane tanjakan,jalan lurus,dan lain2....
nah gmn tu caranya ne mesin awet,tenaga gede pake sparepart apa aja...?ada gk paket bore up khusus vega zr..??
dan mohon saran2nya...?
terima kasih......salam dari setyo penuh cinta...asik...!!!

black_division
Thu, 06 December 2012 jam 11:16:54

asharvegazr mengatakan:
Gini bang ane pengen konsultasi......
rencana pengen bore up mesin vega zr,biar tenaga tambah guede....
medan di tempat ane tanjakan,jalan lurus,dan lain2....
nah gmn tu caranya ne mesin awet,tenaga gede pake sparepart apa aja...?ada gk paket bore up khusus vega zr..??
dan mohon saran2nya...?
terima kasih......salam dari setyo penuh cinta...asik...!!!


Kalo penget awet mesin sih standar aja Bro jangan di Bore up, pengalaman aja udah di boreup + long stroke jadi 140 cc, tenaga emang bagus FU juga berani di jabanin, tapi karena mekanik salah setting pengapian dan klep alhasil conrod/setang seher patah dan keluar menembus blok mesin bagian bawah, jadiii mendingan standar aja

kalo maslah tanjakan bisa diakali dengan penggantian gear belakang menjadi lebih besar 1 - 2 mata (dari standar) cuma memang mengorbankan topspeed, kalo pengen jalan lurus sih ganti gear belakang dengan mata lebih kecil 1 - 2 mata (dari standar) tapi yaaa bakalan loyo di tanjakan/akselerasi bakalan kurang

yaaa buat ngakalinnya ganti beberapa bagian aja tanpa mengutak ngatik mesin, misalnya ganti CDI, ganti Koil, ganti busi Super Iridium

tukangojek
Fri, 07 December 2012 jam 06:58:45

nambahin yaa bro teknik riding juga sangat pengaruhi kecepatan anda, dimana pemindahan gigi atau persneling, bukaan gas, teknik pengereman...

Jadi mau kenceng itu tidak harus motornya kenceng and perubahan yang ekstreem pada motor anda kecuali anda mau balapan....

:santai mayan nambah :odong



themonk
Fri, 07 December 2012 jam 07:22:17

tukangojek mengatakan:
nambahin yaa bro teknik riding juga sangat pengaruhi kecepatan anda, dimana pemindahan gigi atau persneling, bukaan gas, teknik pengereman...

Jadi mau kenceng itu tidak harus motornya kenceng and perubahan yang ekstreem pada motor anda kecuali anda mau balapan....

:santai mayan nambah :odong



betul cing, motor alfa ane aja dari bdg bisa nyampe ke cisarua . . . . :cekikik
dan pas pulang rombongan ngos - ngosan RCnya ane . . . :ngakak

tukangojek
Fri, 07 December 2012 jam 11:24:03

themonk mengatakan:


betul cing, motor alfa ane aja dari bdg bisa nyampe ke cisarua . . . . :cekikik
dan pas pulang rombongan ngos - ngosan RCnya ane . . . :ngakak


:jempol naksir gw motor elu wekekekeke


andhy
Fri, 07 December 2012 jam 14:37:49

kalo ingin Bore Up aman dan murah tanpa banyak setingan atau ganti perangkat lain.. coba pasang piston New Vega R oversize 100 denga diameter 52mm. kapasitas bertambah menjadi 123,cc, lumayan tuh naik 10cc kalo dibulatin jadi 125cc :jempol

cukup seting karbu dan knalpot racing ato standar bobox..
kalo masih kurang.. bisa atur ulang durasi Camshaft dan pake CDI racing...



themonk
Sat, 08 December 2012 jam 09:37:22

tukangojek mengatakan:


:jempol naksir gw motor elu wekekekeke

Sok cing mw... Diatas 10jt ya... He..he...

icalldamn
Wed, 13 February 2013 jam 22:48:32

Just Share info :)

Untuk kondisi masih original atau standar ane pake cara yg paling hemat tp hasil maksimal

1. Lepas filter karburator
2. stelan angin 1 1/2 putaran caranya : putar habis setelan angin ke arah kanan ampe mentok lalu putar balik ke arah kiri sebanyak 1 1/2 putaran. 1 putaran = 360 derajat jadikan ujung garis pada baut setelan sebagai patokan.
3. langsam kasih dikit aza, jangan terlalu besar tp juga jgn kecil banged ampe gda langsam ntar repot klo jalan macet.
4. Daleman Karburator gk usan diganti pake original nya aza (pilot jet+main jet)
5. stelan klep : untuk in (yg atas) 0,08mm dan out (yg bawah) 0,10mm
6. Lepas paking cylinder head (paking yg terbuat dari plat tipis) sebagai gantinya biar kaga bocor cukup olesi Sealler dg rata dan gk usah tebal-tebal yg penting ketutup permukaannya.
7. Knalpot pake original nya aza gk usah dirubah atau dibobok segala
8. Final Gear : nah bagian ini tergantung selera masing masing...untuk trek pendek pake 14-39, untuk trek panjang pake 15-39
9. Oli mesin pake yg SAE 15-50 atau 10-40

Nah segitu aza ane rasa cukup, soal gimana hasilnya....silahkan dicoba dan dirasakan sendiri aza ya....


narasumber : http://forum.djawir.com/otomodif-117/vega-r-lover-oprek-yuuk-biar-rada-kencengan-dikit-107532/

icalldamn
Wed, 13 February 2013 jam 22:53:12

ada info lagi nih,,klo pengen serius bore up nya :)

# Korek HARIAN Vega R New #

Vega R NEW thn 2008

Detail Bore Up + Korek Harian

- Piston Kaze R oversize 0.48 = 50 mm
- Pin Kruk As up grade 2.5 mm = 53,5 mm
- Volume 190 CC kompresi 12 : 1
- Bearing Kruk As C4 FAG
- Bearing As Klep C4 FAG
- As Klep Custom
- Pengapian AC Vega R 110 CC
- CDI Crypton
- Karbu STANDAR
- PJ 28.5, MJ 145
- Klep V-ixion
- Per Klep Kaze R
- Pler kopling TDR
- Kampas kopling Punya SUZUKI FR
- Knalpot Racing Bikinan Looohhhh !!!!!!!!
- Gear 15 - 35 untuk 1 Km
- Rasio Standard

lupa narasumbernya cos tdi iseng2 juga gw cari2 info diluar, smoga bermanfaat bagi semua :)

Selamat Mencoba :)

asharvegazr
Sat, 16 February 2013 jam 21:06:20

Wah bnyak korekannya neh bro...

themonk
Sat, 02 March 2013 jam 19:35:22

icalldamn mengatakan:
ada info lagi nih,,klo pengen serius bore up nya :)

# Korek HARIAN Vega R New #

Vega R NEW thn 2008

Detail Bore Up + Korek Harian

- Piston Kaze R oversize 0.48 = 50 mm
- Pin Kruk As up grade 2.5 mm = 53,5 mm
- Volume 190 CC kompresi 12 : 1
- Bearing Kruk As C4 FAG
- Bearing As Klep C4 FAG
- As Klep Custom
- Pengapian AC Vega R 110 CC
- CDI Crypton
- Karbu STANDAR
- PJ 28.5, MJ 145
- Klep V-ixion
- Per Klep Kaze R
- Pler kopling TDR
- Kampas kopling Punya SUZUKI FR
- Knalpot Racing Bikinan Looohhhh !!!!!!!!
- Gear 15 - 35 untuk 1 Km
- Rasio Standard

lupa narasumbernya cos tdi iseng2 juga gw cari2 info diluar, smoga bermanfaat bagi semua :)

Selamat Mencoba :)


salah ngitung ini gan . . .
ini spek New Vega R

Tipe Mesin : 4 Langkah Air Cooled
Diameter Langkah : 51.0 x 54.0
Volume Silinder : 110.3 cc
Kopling : Manual, Basah, Multiplat
Susunan Silinder : Satu Mendatar
Gigi Transmisi : 4 kecepatan
Pola pengoperasian gigi : N-1-2-3-4 (Return)
Karburator : VM 17 x 1 Mikuni
Baterai : 12V5AH
Busi : C6HSA / U20 FS-U
Sistem Pengapian : CDI
Berat : 95,1 kg
Tipe Rangka : Pipa
Kapasitas Tangki : 4,2 lt
Jarak sumbu roda : 1199mm
Jarak terendah ke tanah : 146mm
Suspensi depan : teleskopik
Suspensi belakang : swing arm
Ukuran ban depan : 70/90-17M/C38P
Ukuran ban belakang : 80/90-17M/C44P
Dimensi P X L X T : 1905 x 658 x 1030 mm
Sistem starter : Kick & Electric
Daya Maksimum : 6.6 kw/8000 rpm
Torsi Maksimum : 9.0 Nm / 5000 rpm
Rem depan : Cakram hidrolik
Rem belakang : tromol

di spek standart bawaan pabrik aja stroke NVR adalah 54,0mm sedangkan agan bilang Pin Kruk As up grade 2.5 mm = 53,5 mm brarti itu bukan nik stroke malah turun, trus masa piston kaze r 50mm, NVR STD juga udah 51mm . . . .
misal naik stroke 2,5mm brarti stroke jadi 56.5mm dengan piston kaze 54,0mm maka hitungannya seperti ini . . .

cc = 3.14x(54*54)x56,5/4 = 129cc
bukan 190cc

saya pernah pake spek piston 58mm stroke 54mm itu juga hanya 145cc
kalo misal pengen jadi 190 atau mendekati mesti punya spek piston 63,5mm stroke 58mm

cc = 3,14x(63,5*63,5)x58/4 = 183cc




Halaman dari 2
Beranda | Forum | MSSR | Member | Galeri | Brotherhood | Kegiatan | ApelGada | Tentang Kami

Copyright Yamaha Vega Mailing List 2010

[tampilan versi desktop]