Beranda | Forum | MSSR | Member | Galeri | Brotherhood | Kegiatan | ApelGada | Tentang Kami

NAVIGASI : FORUM > Sepeda Motor > Kelistrikan

deehan
Sat, 26 May 2012 jam 14:46:07

[Share] Skema Rangkaian Klakson (versi YVML-100)


buat para biker yang demen turing ato sering ketemu angkutan umum yang kurang aja di perkotaan..
tak jarang pada pasang klakson yang suaranya lebih keras dari klakson standarnya (salah satunya ane)..
karena klakson standar ngga pernah dianggap oleh pengendara / pengemudi di jalanan, kecuali kalo kita ngelaksonnya terus-terusan yang malah bikin orang lain jadi kesel..

setidaknya pasang klakson yang lebih keras hanya untuk mendapat perhatian dari pengguna jalan lainnya..
namun jangan sampai kita menyalahgunakan klakson, dengan membunyikannya seenaknya..
gunakanlah dengan bijak :jempol..

oke..
yang coba ane share adalah rangkaian sederhana buat pasang klakson..
btw, kenapa harus dirangkai lagi sih ? emang ngga bisa pake rangkaian bawaan motor ?
pake rangkaian bawaan motor bisa aja, tapi ngga akan maksimal suaranya, bahkan bisa ngga bersuara sama sekali..
pengalaman ane :
pake kabel klakson standar, cuma bisa mampu ngebunyiin klakson Denso punya Innova yang Low-Tone nya doank, yang Hi-tone suaranya cuma "tuk..tuk.."..
ini ane coba pemasangan tanpa di paralel, jadi cuma satu klakson yang dicoba..


bahan yang dibutuhkan untuk merangkai klakson variasi adalah :
1. Relay 4 atau 5 kaki (bisa merek Hella atau Bosch, usahakan yang asli, kalo susah yang KW1 juga ngga apa-apa)
2. Skun, jumlahnya disesuaikan dengan kebutuhan
3. Kondom skunnya (biar aman dan rapih) *opsional
4. kabel otomotif secukupnya
5. Isolasi listrik
6. sekring dan rumahnya


pertama-tama nih yang paling penting, tentukan posisi klakson ditempatkan, gunanya buat ngukur kabel yang akan digunakan, selain posisi klakson, posisi relay juga ditentukan (biasanya ngga jauh dari kabel klakson standar), usahakan jauh dari terjangan air..

kedua, ngga penting-penting amat, tapi wajib tau :pentung, yaitu cara kerja relay dan jenisnya, bisa diliat "disini"

ketiga, merangkai rangkaian kelistrikan untuk klakson..
ada beberapa rangkaian dalam merangkai klakson, disesuaikan dengan kebutuhan dan jumlah klakson..
1. Rangkaian untuk klakson dengan mempensiunkan klakson standar

rangkaian ini adalah rangkaian yang paling sederhana untuk digunakan dan biasanya untuk pemasangan 1 unit klakson..
rangkaian ini mengganti posisi klakson standar dengan klakson yang diinginkan..
keterangan rangkaian :
- kaki relay 85-86 : kabel klakson standar (biasanya ada dua), dua-duanya bebas dipasang di kaki 85-86, terbalik juga ngga masalah..
- kaki relay 30 : kabel dari positif aki, bisa langsung ke terminal positif aki, atau lewat kabel sekring..
kalo langsung, lebih baik pasang sekring tambahan bernilai 10A..
- kaki relay 87 : kabel menuju positif klakson, kalo klakson electropneumatic / berdinamo, ngga boleh terbalik masangnya, kalo terbalik putaran dinamo juga terbalik, yang harusnya niup, malah jadi nyedot..
sedangkan klakson elektromagnetic (klakson disk / keong), bebas ditempatkan kaki yang mana aja (asal jangan dua-duanya)..
untuk negatifnya bisa langsung disambung ke ground / body..

jika klakson yang digunakan berjumlah 2 unit (hi-lo tone), maka kabel dari kaki relay nomor 87 dapat diparalel / dipecah menjadi 2, yang masing-masing tersambung ke positif klakson..
yang lebih baik adalah menggunakan relay 5 kaki dengan kaki 87-87, sehingga masing-masing klakson tersambung ke kaki relay yang terpisah

catatan :
kabel untuk kaki 30-87, harus yang berkualitas jika ingin performa klakson maksimal..


2. Rangkaian untuk klakson tanpa mempensiunkan klakson standar disertai satu saklar operasi dan switch

rangkaian ini adalah rangkaian yang digunakan jika klakson standar ingin tetap di fungsikan, tapi saklar yang digunakan hanya satu..
biasanya klakson standar tetap digunakan supaya tetap sopan saat di jalan / gang perumahan..
keterangan rangkaian
- kaki relay 85-86 : kabel klakson standar (biasanya ada dua), dua-duanya bebas dipasang di kaki 85-86, terbalik juga ngga masalah..
- kaki relay 30 : kabel dari positif aki, bisa langsung ke terminal positif aki, atau lewat kabel sekring..
kalo langsung, lebih baik pasang sekring tambahan bernilai 10A..
- kaki relay 87 : kabel menuju saklar 3 kaki, biasanya kaki yang tengah, kaki sisanya disambung ke positif klakson standar dan positif klakson variasi..
untuk negatifnya bisa langsung disambung ke ground / body..

jika klakson variasi ada dua unit, rangkaian kabel dari saklar 3 kaki dapat mengacu pada rangkaian kabel 87 di rangkaian sebelumnya..

catatan :
rangkaian ini cukup merepotkan karena harus lewat saklar 3 kaki dahulu untuk pilihan klakson, jikalau lupa memilih klakson, bisa berbahaya :cekikik..


3. Rangkaian untuk klakson tanpa mempensiunkan klakson standar disertai dua saklar operasi

rangkaian ini adalah rangkaian yang digunakan jika klakson standar ingin tetap di fungsikan, tapi saklar yang digunakan ada dua..
biasanya klakson standar tetap digunakan supaya tetap sopan saat di jalan / gang perumahan..
keterangan rangkaian
- kaki relay 85 : kabel dari positif kontak melalui saklar klakson / bel / push-on, tujuannya supaya klakson hanya dapat dibunyikan saat kunci kontak posisi "on"
- kaki relay 86 : kabel disambung ke ground / body
- kaki relay 30 : kabel dari positif aki, bisa langsung ke terminal positif aki, atau lewat kabel sekring..
kalo langsung, lebih baik pasang sekring tambahan bernilai 10A..
- kaki relay 87 : kabel menuju positif klakson, kalo klakson electropneumatic / berdinamo, ngga boleh terbalik masangnya, kalo terbalik putaran dinamo juga terbalik, yang harusnya niup, malah jadi nyedot..
sedangkan klakson elektromagnetic (klakson disk / keong), bebas ditempatkan kaki yang mana aja (asal jangan dua-duanya)..
untuk negatifnya bisa langsung disambung ke ground / body..

jika klakson variasi ada dua unit, rangkaian kabel dari saklar 3 kaki dapat mengacu pada rangkaian kabel 87 di rangkaian sebelumnya..

catatan :
- klakson standar tetap menggunakan rangkaian standar bawaan pabrik..
sedangkan klakson variasi, mendapat saklar tambahan untuk mengoperasikannya..
- kabel yang digunakan untuk kaki 85-86 tidak perlu kabel yang berkualitas, gunakan kabel yang biasa saja (asal jangan kabel untuk listrik di rumah)
- kabel untuk kaki 30-87, harus yang berkualitas jika ingin performa klakson maksimal


nah , seperti itu lah rangkaian untuk pasang klakson..
semoga dengan adanya thread ini, rekan-rekan sekalian bisa pasang klakson sendiri, atau kalo di pasangin orang lain minimal kita tau rangkaian umum yang seperti apa..

oh iya, ada lagi rangkaian yang pake rumah relay..
rumah relay ini sebenernya bagus, bikin rapih..
tapi terkadang ada kekurangannya, yaitu sering ada kabel yang nyambungin kaki 85 dan kaki 30..
kabel ini sebenernya bikin performa klakson ngga maksimal..
soalnya menyatu dengan kaki 85 yang notabene ada jalur saklar disana..
ngambil listriknya pun dari positif kunci kontak, kalo dari aki, bisa-bisa kontak mati klakson masih bisa nyala..

kabel yang digunain pun ngga bisa yang gede, pake yang gede saklar bisa KO, pake yang kecil klakson ngga maksimal..
serba salah bukan ?
mendingan dipisah kabel untuk kaki 85 dan 30, lebih manteb :jempol..


kalau ada pertanyaan silahken di posting saja dibawah..






Repost Ngga Repost Yang Penting Nge-Post
kalo salah, harap maklum, namanya juga nubie

tukangojek
Sat, 26 May 2012 jam 15:05:22

manteb....saya jadi banyak belajar disini :jempol

kucinkgaronk
Sun, 27 May 2012 jam 00:25:51

gw demen yg rangakaian nomer 3 nie... persis kayak yg diterap di pegi ane dulu.... :jempol

jade keinget tempo doeloe..............

briean
Mon, 28 May 2012 jam 23:50:03

wah sekarang klakson ane baik yang variasi dan asli nyala dua2nyah tanpa saklar :D tapi kadang klakson yang asli ga bunyi...entah rumah saklar orinya kotor atau kenapa ya...bingung

rey_photo
Tue, 29 May 2012 jam 12:10:31

.................. jika klakson yang digunakan berjumlah 2 unit (hi-lo tone), maka kabel dari kaki relay nomor 87 dapat diparalel / dipecah menjadi 2, yang masing-masing tersambung ke positif klakson..
yang lebih baik adalah menggunakan relay 5 kaki dengan kaki 87-87, sehingga masing-masing klakson tersambung ke kaki relay yang terpisah .............................

Sedikit sharing ajah .. beda relay 5 kaki dan 4 kaki.

1. Relay 4 Kaki : output + ada di kaki no. 87. dan akan berfungsi bila saklar di tekan (on).

2. Relay 5 kaki : output memang ada 2 kaki yaitu no. 87 dan 87a. namun kedua kaki ini ini memiliki fungsi yang berbeda.
bila saklar di tekan (on) maka output no. 87 akan aktif dan no. 87a akan pasif (tidak aktif sama sekali / terputus)
Bila saklar off, maka sebaliknya. no 87a akan aktif dan no. 87 akan terputus. (gbr. relay yang tengah - warna unyu)

kesimpulan : jadi tidak bisa untuk paralel 2 klakson.



biasanya relay jenis ini di gunakan untuk rangkaian lampu ....



Untuk keluaran / output 87a dan 87 beda ampere nya : lihat casing relaynya. Bila tertulis 12V 20/30A, maka untuk kaki 87a = 20 Ampere dan kaki 87 = 30 Ampere.

3. Bila ingin paralel maka gunakan relay 5 kaki dengan nomor output 87 dan 87 (gbr. relay yang paling kanan).
lihat gambar berikut :



untuk gambar skemanya seperti ini :



semoga bisa bermanfaat.

deehan
Tue, 29 May 2012 jam 22:43:07

rey_photo mengatakan:
.................. jika klakson yang digunakan berjumlah 2 unit (hi-lo tone), maka kabel dari kaki relay nomor 87 dapat diparalel / dipecah menjadi 2, yang masing-masing tersambung ke positif klakson..
yang lebih baik adalah menggunakan relay 5 kaki dengan kaki 87-87, sehingga masing-masing klakson tersambung ke kaki relay yang terpisah .............................

Sedikit sharing ajah .. beda relay 5 kaki dan 4 kaki.

1. Relay 4 Kaki : output + ada di kaki no. 87. dan akan berfungsi bila saklar di tekan (on).

2. Relay 5 kaki : output memang ada 2 kaki yaitu no. 87 dan 87a. namun kedua kaki ini ini memiliki fungsi yang berbeda.
bila saklar di tekan (on) maka output no. 87 akan aktif dan no. 87a akan pasif (tidak aktif sama sekali / terputus)
Bila saklar off, maka sebaliknya. no 87a akan aktif dan no. 87 akan terputus. (gbr. relay yang tengah - warna unyu)

kesimpulan : jadi tidak bisa untuk paralel 2 klakson.



biasanya relay jenis ini di gunakan untuk rangkaian lampu ....



Untuk keluaran / output 87a dan 87 beda ampere nya : lihat casing relaynya. Bila tertulis 12V 20/30A, maka untuk kaki 87a = 20 Ampere dan kaki 87 = 30 Ampere.

3. Bila ingin paralel maka gunakan relay 5 kaki dengan nomor output 87 dan 87 (gbr. relay yang paling kanan).
lihat gambar berikut :



untuk gambar skemanya seperti ini :



semoga bisa bermanfaat.

kan sama saya juga gitu om, pake relay 5 kaki yang 87-87 :D..

btw, thanks sudah menambahkan :jempol..

iink_cool
Tue, 26 June 2012 jam 22:44:44

thanks infonya, kebetulan sekali gan. ane lagi mau pasang klakson mobil nih.. btw ntar aki nya bakal cpt ngedrop ga

iink_cool
Tue, 26 June 2012 jam 22:46:04

thanks infonya, kebetulan sekali gan. ane lagi mau pasang klakson mobil nih.. btw ntar aki nya bakal cpt ngedrop ga


Halaman dari 1
Beranda | Forum | MSSR | Member | Galeri | Brotherhood | Kegiatan | ApelGada | Tentang Kami

Copyright Yamaha Vega Mailing List 2010

[tampilan versi desktop]